-->

Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

29 Jun 2016
Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tidak hanya memiliki 10 makanan khas jojga yang terkenal seperti yang diulas sebelumnya, namun diantara keanekaragaman pesona wisata yogyakarta yang dimiliki diantaranya menjadi primadona wisata yang wajib dikunjungi bila sedang berada di jogja.

Selain memiliki begitu banyak potensi-potensi wisata terbaru, diantara wisatanya telah tersohor hingga ke mancanegara dan menjadi wisata mendunia serta menjadi tujuan wisata terfavorit bagi para wisatawan mancanegara.

Memang bicara soal objek wisata jogja seperti tidak pernah ada habisnya. Kota istimewa yang selalu asyik untuk menjadi tujuan liburan terlebih bersama-sama dan ramai akan keberagaman pesona wisata mulai dari wisata alam dan outdoor, wisata candi, pantai, kuliner, wisata seni dan budaya, waterpark, wahana bermain anak, hingga tempat nongkrong.

Semua dekat dan semua mudah dijangkau serta lebih banyak cara menikmati liburan bersama-sama. Lebih banyak kegiatan dan fasilitas untuk semua umur. Beragam aktifitas, beragaman keunikan dan petualangan dengan sarana dan prasarana umum yang lengkap dan mudah untuk dijumpai ditiap objek wisata. Baik akomodasi, transportasi dan fasilitas-fasilitas umum.


6 Primadona Tempat Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi


1. Malioboro
Begitu identiknya dengan yogyakarta menempatkan Malioboro sebagai satu diantara primadona tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi. Malioboro merupakan sebuah jalan yang berkembang pesat hingga menjadi salah satu pusat belanja di jogja yang begitu terkenal, tidak hanya dalam tataran nasional tetapi juga mendunia.

Dalam kawasan jalan malioboro menawarkan wisata belanja terlebih bagi yang ingin berburu cinderamata khas jogja. Malioboro akan menjadi surga perburuan asyik. Aneka cinderamata buatan lokal seperti batik, hiasan rotan, perak, kerajinan bambu, wayang kulit, blangkon, miniatur kendaraan tradisional, asesoris, hingga gantungan kunci semua bisa ditemukan dengan mudah.


2. Tugu Jogja
Selain malioboro dan makanan gudeg jogja yang begitu identik dengan Yogyakarta,  monumen bersejarah yang satu ini pun demikian bahkan berbuah bibir yang konon, tidak sah kunjungan seorang wisatawan bila belum mengunjungi bangunan yang dibangun oleh  Sri Sultan Hamenku Buwono I untuk dijadikan sebagai prasasti yang menggambarkan semangat persatuan masyarakat yogyakarta dan penguasa dalam melawan penjajah (setahun setelah membangun Keraton Yogyakarta).


Monumen bersejarah ini merupakan landmark dari yogyakarta yang memiliki nilai historical bagi masyarakat jogja khususnya. Monumen Tugu jogja terletak tepat di tengah  perempatan dari jalan Pangeran Mangkubumi, Jalab Jend Sudirman, jalan A.M Sangaji dan jalan Diponegoro

3. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta merupakan bangunan Kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Ragam warisan budaya jawa masih mudah ditemukan di sekitar dan di dalam keraton sendiri. Mengunjungi keraton jogja dapat memberi gambaran sederhana tentang budaya jawa, hampir semua terwakilkan dalam satu tempat.

Di keraton masih tersimpan berbagai kesenian hasil budaya jawa, ragam pakaian adat dan bentuk rumah ala jawa, beberapa lukisan, keris, foto raja-raja jawa, silsilah raja jawa dan khususnya para abdi-abdi dalem akan mempertunjukkan sikap bagaimana supelnya orang jawa dalam berkomunikasi serta bersapa dengan orang yang berkunjung disana. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung sehingga wajar saja jika keraton jogja merupakan satu diantara tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi sebab "tak kenal yogyakarta jika belum mengunjungi keraton yogyakarta".

4. Candi Prambanan
Meskipun tidak termasuk kedalam tujuh keajaiban dunia layaknya Candi Borobudur, namun Candi Prambanan termasuk satu dari dua candi di Indonesia yang namanya sudah mendunia dan masuk dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Selain itu peninggalan dari kebudayaan agama hindu ini juga terkenal sebagai kompleks candi terbesar di Indonesia serta candi tercantik di asia,

sehingga menjadikannya primadona wisatawan baik domestik maupun dunia sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Selain itu pada waktu tertentu tepatnya saat perayaan Tawur Agung Kesanga atau perayaan menjelang Nyepi puluhan ribu umat Hindu dari berbagai penjuru khususnya di Asia akan memadati Candi Prambanan untuk melakukan peribadatan akbar.

5. Pantai Parangtritis
Pantai yang begitu terkenal dan ramai dikunjungi para wisatawan ini berlokasi sekitar 28 km bagian selatan dari pusat kota Yogyakarta. Salah satu keunikan dari pantai ini adalah adanya bukit-bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai, selain itu pantai parangtritis menurut keyakinan dari masyarakat jawa pada umumnya pantai ini mempunyai hubungan sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau penguasa laut selatan yang biasa orang menyebutnya Ratu Kidul.

Dalam kawasan wisata parangtritis tersedia fasilitas seperti ATV, Delman dan Kereta Kuda yang disewakan, selain itu juga terdapat Airomodeling atau paralayang. Keindahan dari sunset juga bisa dinikmati di tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi ini, sembari melanjutkan sampai malam hari untuk menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan saat malam hari tiba.

6. Gunung Merapi
Tentu tidak hanya gunung yang paling terkenal di Yogyakarta, tapi seluruh Indonesia pun pasti mengenal gunung teraktif di Indonesia ini. Namun dibalik keganasnnya gunung merapi merupakan salah satu primadona tempat wisata alam di jogja yang wajib dikunjungi khususnya bagi kalangan pecinta alam, pendaki gunung serta pecinta petualangan.

Panorama akan keindahan gunung merapi tak perlu disanksikan lagi banyak orang yang terpesona dengan keindahan gunung ini sehingga setiap tahun ribuan orang datang ke Merapi untuk mendaki gunung ini, menyaksikan pemandangan alam dari puncak gunung yang luar biasa.

Share
Kampoeng Terkait
Komentar