-->

8 Tempat Wisata Di Kalimantan Timur Menyedot Pengunjung

10 Jul 2016
Jika membandingkan objek wisata yang ada di beberapa daerah di Indonesia sebut saja di Jogja serta Jakarta, Kalimantan Timur tidak begitu banyak dikenal. Namun itu dulu, siapa sangka ibukota dari Samarinda ini mempunyai begitu banyak tujuan wisata menarik dan diantaranya dapat menyedot banyak kunjungan wisatawan salah satunya adalah Kepulauan Derawan yang telah menggoda hati UNESCO bahkan menarik hati penyelam kelas dunia untuk datang berkunjung.

Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

Wisata di Kalimantan Timur yang sebelumnya lebih dikenal sebagai daerah wisata dengan kain tenun bermotif kotak-kotak berwarna pada kenyataannya juga memiliki keanekaragaman potensi wisata dan tempat wisata yang tidak kalah menarik serta layak dikunjungi. Di tambah Kalimantan Timur memiliki luas wilayah luas sebagai provinsi terluas kedua setelah Papua di Indonesia, tentu terdapat banyak tempat-tempat wisata eksotis mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan banyak lagi. Selain itu Pulau Kalimantan telah memekarkan provinsi baru yaitu Kalimantan Utara, sehingga dalam pemetaan lokasi tujuan wisata menjadi jauh lebih mudah. Dan diantara Tempat Wisata Di Kalimantan Timur adalah :

Kepulauan Derawan
Pantai Derawan tidak hanya menjadi permata bagi pulau Kalimantan tetapi juga maju sebagai salah satu wisata andalan Kalimantan Timur serta menjadi primadona diantara tempat wisata di kabupaten Berau. Oleh para penyelam, kepulauan Derawan merupakan kawasan wisata bawah laut dengan julukan surga level dua setelah Raja Ampat dan sekaligus telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata pantai dan bawah laut terbaik di dunia termasuk Taman Nasional Wakatobi yang juga merupakan tempat wisata bawah laut mendunia di dalam kawasan wisata Sulawesi Tenggara

Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur yang begitu mudah untuk diakses yaitu cukup dengan menggunakan angkot jurusan pasar serigi-sungai siring. Tepatnya berada di Purwosari - Samarinda Utara atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Menikmati keindahan salah satu tempat wisata alam Kalimantan Timur ini adalah hal pasti yang didapatkan selain menyaksikan sendiri air yang mengalir tampak jernih dan bersih dari ketinggian 15 meter, namun saat di bawah air berubah menjadi keruh kemerahan

Masjid Islamic Center Samarinda
Mesjid yang berada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda, merupakan tempat wisata religi Kalimantan Timur yang paling banyak dikunjungi. Diresmikan pada tahun 2008, Mesjid Islamic Center memiliki arsitektur bangunan yang terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, misalnya pada kubah besarnya yang bermotif. Di Mesjid Islamic Center terdapat satu menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan asmaul husna, kemudian terdapat pula 6 menara dengan tinggi lebih pendek melambangkan rukun iman, dan juga terdapat anak tangga menuju ke lantai utama mesjid berjumlah 33 buah, yang jumlahnya melambangkan jumlah butiran tasbih pada umumnya.

Kebun Raya Unmul Samarinda
Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Samarinda, tempat wisata ini adalah kawasan hutan milik Universitas Mulawaman yang di dalam kawasan kebun raya Unmul terdapat sebuah danau besar yang dapat dikelilingi dengan menggunakan sepeda air. Sementara jika ingin berkeliling kawasan hutan dapat menggunakan andong. Tidak hanya itu, tempat wisata milik Universitas Mulawaman - Samarinda ini juga mempunyai wisata kebun binatang yang mini serta memilki museum kayu yang berisi informasi-informasi mengenai jenis kayu yang ada di Kalimantan pada umumnya

Pulau Kumala
Objek wisata di Samarinda satu ini sering juga disebut mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta, karena kawasan Pulau Kumala menyuguhkan budaya Kalimantan mulai dari bangunan adat, candi dan juga patung lembu. Selain bangunannya bernilai budaya setempat, di sini juga terdapat wahana permainan seperti sky tower dengan ketinggian sekitar 75 meter, kereta mini, kereta gantung dan juga komedi putar. Kawasan wisata Pulau Kumala ini berada di sebelah barat kota Tenggarong - Kutai Kartanegara

Pulau Beras Basah
Dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam dari Samarinda yang lokasinya berada di daerah Bontang - Kalimantan Timur. Namun lamanya perjalanan menuju tempat wisata yang berada di Selat Makassar ini, akan terbayarkan saat menyaksikan sendiri panorama Pulau Beras Basah yang menyuguhkan pemandangan pasir putih dengan air jernih kebiruan. Namun tidak hanya sebatas itu, keindahan pulau ini tidak hanya pasir putih dan panorama pantainya, alam bawah laut Pulau Beras Basah pun tak bisa dilewatkan.

Desa Budaya Pampang
Desa yang dikenal sebagai tempat wisata budaya terpopuler di Kalimantan Timur dengan suguhan wisata budaya yang menarik serta manambah wawasan. Desa Budaya Pampang pada akhir-akhir pekan sering dan banyak dikunjungi oleh wisatawan sebab setiap hari minggu tepatnya pukul 13:00 sampai 15:00 diadakan pertunjukan seni di gedung pertemuan desa. Dan uniknya adalah pada saat sedang berlangsung pertunjukan, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya.

Taman Nasional Kutai
Tempat wisata alam Kalimantan Timur ini berada di pinggiran Teluk Kaba. Tepatnya di jalan Dipenogoro Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai memiliki tidak hanya keanekaragaman tumbuhan, tapi juga memiliki keanekaragaman satwa, diantaranya seperti dari kelompok primata yaitu orangutan, owa kalimantan, bekantan, kera ekor panjang, beruk, dan kukang. Serta merupakan perwakilan hutan ulin yang terluas di Indonesia dan salah satu taman nasional yang digunakan sebagai pusat rehabilitasi orangutan.
Share
Kampoeng Terkait
Komentar