-->

25 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Tersebar di 5 Wilayah Jakarta

5 Jul 2016
Bicara soal ibu kota Indonesia selalu tidak lepas dari hiruk pikuk kota yang sering identik dengan kemacetan. Tetapi bicara soal wisata di Jakarta tidak mengurangi minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Jakarta meskipun ramai dan padat oleh bangunan-bangunan bukan berarti Jakarta tidak memiliki tempat wisata justru sebaliknya di Jakarta terdapat begitu banyak tempat wisata yang menarik dan juga sudah begitu terkenal sebut saja Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol Dreamland, Kebun Binatang Ragunan, Monumen Pancasila Sakti, Monas dan banyak lagi. Selain itu, tidak sedikit tempat rekreasi di Jakarta yang murah.

Jakarta dengan daya tarik tersendirinya tersebar di beberapa wilayah yaitu di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan serta Jakarta Barat dan diantara tempat wisata yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta :

Tempat Wisata Di Jakarta

25 Tempat Wisata Di Jakarta di 5 Wilayah Jakarta


1. Wisata Jakarta Pusat

Sebagai pusat perekonomian, politik dan macet, di Jakarta juga terdapat begitu banyak pusat perbelanjaan berupa mall. Namun untuk menikmati liburan atau berwisata di Jakarta Pusat tidak harus ke mall, terdapat banyak tempat wisata di Jakarta Pusat selain daripada mall menarik dan bisa dikunjungi dari semua kalangan. Berikut diantara tempat wisata di Jakarta Pusat selain mall :
  • Monas (Monumen Nasional), Monumen nasional yang sudah begitu terkenal dan mendunia dan merupakan ikon dari kota Jakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik pada hari hingga malam yang berlokasi di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat
  • Pasar Baru, Tempat wisata belanja satu ini adalah sebuah kawasan perdagangan yang sudah ada sejak tahun 1820 sehingga menjadi pusat belanja paling tua di Jakarta yang tentu sudah begitu dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara
  • Museum Nasional, Museum Gajah sebutan populer dari museum nasional yang memiliki sebuah patung gajah tepat berada di depan pintu masuk museum. Patung gajah tersebut terbuat dari perunggu.dan merupakan pemberian dari Raja Thailand.
  • Tugu Proklamasi, Lokasi yang sering digunakan sebagai tempat untuk memperingati kemerdekaan Indonesia disebut juga dengan nama Tugu Petir. Seperti kita ketahui tempat ini adalah simbol peringatan proklamasi kemerdekaan kita yang berdiri di jalan Proklamasi-Jakarta Pusat.
  • Pecenongan, Seperti halnya Malioboro Yogyakarta begitupun dengan Pecenongan Jakarta yang merupakan sebuah jalan yang sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Namun yang membedakannya adalah kawasan pecenongan merupakan pusat wisata kuliner malam di Jakarta Pusat.

2. Wisata Jakarta Utara

Jakarta Utara adalah bagian dari Jakarta yang berbatasan langsung dengan laut tentu dengan kondisi tersebut secara otomatis sebagian besar jenis-jenis objek wisata yang dimiliki Jakarta Utara indetik dengan wisata air. Berikut tempat wisata di Jakarta Utara selain mall yang bisa dinikmati :
  • Taman Impian Jaya AncolTempat wisata yang berada diatas lahan seluas 552 ha ini tentu sudah asing lagi khususnya bagi masyarakat Indonesia. Dengan berbagai wahana menariknya seperti Sea World, Atlantis Water Adventure, Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudra, pasar seni, marina, kereta gantung, padang Golf Ancol, wisata kuliner dan banyak lagi.
  • Museum Bahari, Melihat dari namanya "Museum Bahari" tentu sudah tergambar dibenak mengenai koleksi benda-benda yang dipajang. Museum Bahari menyimpan koleksi benda-benda yang erat kaitannya dengan nelayan dan dunia laut. Selain itu bangunan ini pernah dijadikan sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah oleh VOC
  • Taman Suaka Margasatwa Muara Angke, adalah sebuah wilayah hutan bakau tepatnya berada di depan perumahan Pantai Indah Kapuk dan satu-satunya hutan di Jakarta dan dilindungi. Dalam kawasan ini terdapat jembatan kayu yang panjangnya sekitar 843 meter untuk membantu menelusuri sembari menikmati suasana ridang pepohonan.
  • Kampung Marunda, Salah satu tempat wisata di Jakarta Utara yang cocok untuk menjadi pelarian dari ramainya kota Jakarta dan polusinya adalah Kampung Marunda yang merupakan pesisir pantai dan sebuah pemukiman nelayan dengan desiran angin pantai menghadirkan suasana tenang dan damai pantai
  • Kampung Luar Batang, Tidak jauh dari Museum Bahari tepat berada di belakangnya, Kampung Luar Batang adalah sebuah peninggalan sejarah yang dipercaya sebagai pemukiman tertua di Jakarta yang telah ada sejak tahun 1630. Dalam kampung ini terdapat sebuah mesjid yaitu Mesjid Luar Batang yang didalamnya terdapat makam dari Habib Husein.

3. Wisata Jakarta Timur

Berbicara tentang tempat wisata di Jakarta Timur terdapat  begitu banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Sehingga dengan demikian pastinya akan menghemat pengeluaran untuk liburan terlebih bersama keluarga, diantara tempat wisata di Jakarta Timur adalah :
  • Taman Mini Indonesia IndahTMII adalah suatu tempat wisata di Jakarta Timur paling populer dengan mengusung tema tentang budaya Indonesia yang berada di atas lahan seluas 150 hektar, sehingga dengan mengunjungi TMII para pengunjung dapat mengenal kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia dalam satu waktu.
  • Telaga Arwana Cibubur, Salah satu tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga adalah Telaga Arwana Cibubur. Tidak hanya bisa berfungsi sebagai taman rekreasi namun juga sebagai wahana edukasi yang berlokasi di Jalan Jambore, Cibubur.
  • Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Buperta Cibubur yang berlokasi di pinggir tol Jagorawi km 13 dengan luas area sektiar 210 hektar ditambah kontur hutan berbukit merupakan salah satu alternatif tempat wisata di Jakarta Timur yang cocok keluarga. Suasana asri, sejuk, hijau dan alami adalah suguhan yang bisa didapatkan di tempat ini.
  • Monumen Pancasila Sakti, Tempat yang memiliki nilai sejarah perjuangan merupakan monumen untuk mengenang G30S/PKI atau lebih dikenal dengan nama Lubang Buaya. Terdapat sumur tempat pembuangan jenazah, museum pengkhianatan PKI, rumah penyiksaan, pos komando, dapur, museum paseban, ruang teater, dan mobil yang dipakai pada saat G30S/PKI
  • Kota Wisata Cibubur, Kota Wisata Cibubur sebenarnya adalah kompleks perumahan dengan luas area seluas 8 ha, namun karena memiliki fasilitas hiburan menarik dan menyenangkan membuatnya sering kali dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya terutama pada akhir pekan. Salah satunya adalah Kampung Cina yang merupakan pasar dengan bangunan dan suasana khas Cina

4. Wisata Jakarta Selatan

Menikmati suasana liburan bersama keluarga di daerah wisata Jakarta Selatan tidaklah begitu sulit karena disini terdapat cukup banyak tempat wisata yang mudah di jumpai dan murah yang tidak hanya sekedar berlibur bersama keluarga namun juga diantara tempat wisatanya memiliki wisata edukasi. Berikut diantaranya :
  • Kebun Binatang RagunanSelain menjadi tempat wisata di Jakarta Selatan paling populer serta ramai pengunjung, Kebun binatang ragunan memiliki nilai tersendiri yaitu kebun binatang pertama di Indonesia yang awal berdirinya didirikan di Cikini pada tahun 1864 namun pada tahun 1966 kebun binatang ragunan resmi dipindahkan ke Jakarta Selatan
  • Museum Satria Mandala, Museum ini merupakan pusat sejarah yang menyajikan koleksi senjata perang seperti tank, pesawat tempur, rudal, meriam, senapan, bambu runcing, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat koleksi diorama yang memiliki cerita unik masing-masing dan juga benda-benda bersejarah lainnya seperti mobil dengan bekas tembakan.
  • Setu Babakan, Tempat yang berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya asli Betawi Sering disebut sebagai Danau Babakan. Disini pengunjung dapat melihat ornamen-ornamen Betawi seperti galeri batik Betawi, kesenian khas Betawi, hingga wisata kuliner Betawi. Selain menarik juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak, wisata budaya serta wisata air dengan bermain perahu air atan memancing ikan.
  • Museum Layang-layang, Tidak seperti museum pada umumnya MLL ini adalah sebuah museum yang dimiliki oleh pribadi, bukan pemerintah. Bangunan yang dimiliki pun tidak begitu besar, namun menyimpan begitu banyak koleksi layangan mulai dari layangan kecil sampai besar, layangan tradisional, layangan dari luar negeri dan banyak lagi jenis layangan.
  • Kemang Food Festival, Sesuai dengan namanya, Kemang Food Festival adalah surganya pecinta wisata kuliner. Terletak di Jalan Kemang Raya, Kemang Food Festival adalah salah satu penyebab kemacetan di daerah Kemang dan sangat penuh dengan pengunjung pada akhir pekan. yang mulai dibuka dari jam 5 sore hingga tengah malam.

5. Wisata Jakarta Barat

Kawasan Jakarta Barat lebih dikenal memiliki beberapa bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda yang sampai sekarang masih digunakan yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pemukiman penduduk yang kini sudah mulai dijadikan sebagai pusat bisnis baru. Terlepas dari semua itu, tempat wisata di Jakarta Barat diantaranya :
  • Kota Tua Batavia, Lokasi yang dulunya menjadi pusat perdagangan di Asia pada abad ke 16 kini menjadi salah satu tempat wisata menarik di Jakarta Barat. Baik bangunan dan suasana tempo dulu kota Jakarta di Kota Tua Batavia adalah hal yang akan ditemukan dalam kawasan wisata sejarah dan edukasi ini selain menikmati kawasan dengan menggunakan sepeda onthel
  • Wilayah Glodok, Chinatown versi Jakarta Barat dengan keunikan seperti halnya Chinatown di mana terdapat bangunan-bangunan dengan arsitektur khas China dan suasana seperti di China. Tempat wisata di Jakarta Barat ini identik dengan wisata kuliner dan wisata belanja. Di sini pengunjung dapat menemukan berbagai barang yang dijajakan murah serta berbagai jenis makanan lezat.
  • Museum Fatahillah, Museum Sejarah Jakarta adalah nama lain dari museum paling besar di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1707 sebagai sebuah balai kota hingga pada tahun 1974 Museum Fatahillah beralih fungsi menjadi sebuah museum dengan menyimpan koleksi berupa barang arkeologi, keramik, prasasti, benda kebudayaan betawi, meriam, dan lain-lain.
  • Museum Seni Rupa dan Keramik, Rumah bagi banyak karya seni kelas internasional dan karya seniman Indonesia sejak tahun 1800an berjumlah lebih dari 400 benda berupa patung, lukisan, sketsa, batik lukis, hingga totem kayu dan terbagi menurut periode waktu tertentu. Selain itu, museum ini menyimpan koleksi keramik lokal dan asing dan merupakan warisan sejarah dari negara yang bersangkutan
  • Museum Wayang, Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan koleksi berbagai jenis wayang dengan jumlah sekitar 6,000 wayang. Jenis wayang diantaranya adalah wayang golek, wayang kulit, wayang klitik, wayang mainan dan topeng yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu terdapat juga koleksi wayang dan boneka dari luar negeri
Share
Kampoeng Terkait
Komentar