-->

Pesona Keindahan Di 6 Wisata Kebun Teh Yang Terkenal

30 Jun 2016
Panorama indah menyejukan yang terbentang hijau dengan suasana damai akan terasa ketika berkunjung ke kawasan wisata Kebun Teh yang secara bebas pengunjung dapat menelusuri untuk sekedar berjalan-jalan menyusuri jalan-jalan kecil dalam area hijau daun teh, sembari berselfie ria, ataupun menyaksikan aktifitas langsung para petani saat memetik, selama tidak merusak pohon teh, merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, di dalam kawasan hijau wisata kebun teh biasanya terdapat beberapa tempat untuk bersantai sembari menikmati panorama hijau dengan keasrian yang menenangkan disertai hawa gunung yang sejuk. Beberapa perkebunan teh bahkan sudah dikembangkan menjadi agrowisata dengan menambahkan beberapa fasilitas penunjang seperti flying fox, tempat nongkrong serta outbond sehingga menjadi salah satu objek wisata yang cukup diminati banyak orang.

Kebun Teh Sidamanik

Dari sekian banyak perkebunan teh yang ada di Indonesia, ada beberapa yang nama dan pesonanya sudah begitu dikenal banyak orang. Berikut 6 diantara tempat wisata kebun teh yang cukup terkenal di Indonesia.

1. Kebun Teh Bandung
Jawa Barat merupakan daerah penghasil teh terbesar di Indonesia. Disekitar wilayah Bandung sendiri terdapat lebih dari satu perkebunan teh satu diantaranya adalah kebun Teh Rancabali yang sudah ada sejak tahun 1870 sehingga cukup dikenal selain lokasinya yang tidak begitu jauh dari objek wisata Kawah Putih.

Sementara Kebun teh yang berada di puncak bogor  sepertinya menjadi tempat yang paling terkenal dari sekian banyak daerah yang mempunyai hamparan kebun teh yang berada di Jawa Barat. Lokasinya yang cenderung tidak begitu jauh dari Jakarta membuat tempat wisata di bogor yang berada di kawasan puncak ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata khususnya orang-orang kantoran Jakarta. Salah satunya adalah agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas yang menawarkan beberapa aktifitas diantaranya mengelilingi hamparan perkebunan teh dengan menunggangi kuda, tea walk atau mengelilingi area kebun teh dengan beberapa pilihan rute sembari ditemani pemandu dan melihat secara langsung pengolahan daun teh di dalam pabrik hingga menjadi teh dalam kemasan. Tidak hanya itu, di kawasan ini terdapat berbagai jenis penginapan yang telah disediakan agrowisata Gunung Mas.

2. Kebun Teh Sidamanik Pematangsiantar
Di gerbang pariwisata Danau Toba yaitu Kota Pematangsiantar - Sumatera Utara (julukan yang diberikan karena Kota Pematangsiantar merupakan persinggahan wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke Danau Toba) juga terdapat sebuah kebun teh yang cukup terkenal yaitu kebun teh Sidamanik. Hamparan hijau tanaman teh yang ada di perkebunan ini juga akan membuat pengunjung merasa terpesona. Di kawasan kebun teh sidamanik sendiri terdapat tiga buah kebun teh diantaranya kebun teh Toba Sari, kebun teh Bah Butong yang merupakan kebun teh  yang pertama kali dibuka oleh perusahaan Belanda sekitar tahun 1917 serta kebun teh yang paling tua diantaranya. Total luas wilayah perkebunan ini mencapai 8.373 hektar namun yang paling terkenal dan dikenal adalah kebun Teh Sidamanik sebagai penghasil teh hitam yang memiliki kwalitasnya tinggi serta disebutkan kebun teh Sidamanik akan dinobatkan sebagai salah satu simbolisasi pariwisata di Sumatera Utara selain Danau Toba karena hampir setiap tahun jumlah wisatawan ke perkebunan ini meningkat

3. Kebun Teh Wonosobo
Kebun Teh Tambi nama dari kebun teh yang ada di wonosobo dan berada di lereng Gunung Sindoro sebelah barat. Kebun teh ini merupakan kebun teh peninggalan jaman kolonial Belanda yang sekarang dikelola oleh PT Tambi. Kawasan perkebunan teh wonosobo ini juga sudah dikelola menjadi agrowisata yang dikemas cukup menarik yaitu dengan menggunakan paket yang ditawarkan oleh pihak agrowisata, kita bisa berkunjung ke pabrik teh untuk melihat bagaimana proses pembuatan teh menjadi teh kemasan. Namun jika tidak ingin menggunakan paket yang ditawarkan oleh agrowisata, pengunjung masih bisa tetap mengunjungi kebun teh wonosobo untuk menikmati pesona pemandangan hijau, menghirup udara segar sambil berjalan melewati petak-petak dalam area tanaman teh

4. Kebun Teh Wonosari
Di Malang yang juga terdapat kawasan perkebunan teh dan dapat dijadikan sebagai obejk wisata yaitu Kebun Teh Wonosari dengan pemandangan hijaunya yang super luas ditambah suasana sejuk tentu membuat pikiran yang sumpek menjadi sedikit lega. Kebun Teh Wonosari berada tepat di bawah kaki Gunung Arjuna sehingga suasana pegunungan nan sejuk benar-benar bisa terasa. Perkebunan teh ini sudah dikelola sebagai agrowisata sejak tahun 1998. Selain bisa tea walking, kita juga bisa menikmati suasana sambil bermain ATV serta flying fox. Sementara bagi yang tertarik dengan proses pembuatan teh, di Kebun Teh Wonosari pengunjung  bisa belajar bagaimana daun teh diproses sampai menjadi bahan minuman yang segar.

5. Kebun Teh Kemuning
Diantara tempat wisata yang ada di Solo salah satunya berada di daerah Ngargoyoso, Karanganyar terletak di kawasan perkebunan teh yang cukup terkenal yaitu kebun teh Kemuning. Kebun teh ini berada di kaki Gunung Lawu sebelah barat dan berada dekat di bawah Candi Cetho. Kawasan kebun teh kemuning menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit yang ada di Karanganyar. Seperti pesona dan suasana kebun teh pada umumnya yang memiliki udara sejuk sehingga membuat para penikmatnya mau berlama-lama menyaksikan daun hijau yang terbentang luas subur di bawah lereng gunung Lawu. Selain bisa menikmati tea walk pengunjung bisa menikmati suasana di sana dengan cara berbeda yaitu menikmati suasana sambil minum teh di warung-warung yang ada di sekitar kawasan kebun teh kemuning. Khusus waktu-waktu liburan, kebun teh kemuning akan sangat ramai oleh pengunjung.

6. Kebun Teh Kulon progo
Salah satu tempat saat berlibur atau sedang berada di daerah Kulonprogo adalah kebun teh Nglinggo. Perkebunan teh ini merupakan satu diantara tempat wisata di jogja yang menjadi kebanggan bagi Desa Nglinggo - Kulonprogo dan satu-satunya kebun teh yang ada di Yogyakarta. Meskipun luas perkebunannya tidak seluas kebun teh Puncak Bogor atau Kebun Teh Kemuning, namun kebun teh nglinggo mempunyai keistimewaan tersendiri dengan letak kawasan yang dikelilingi pegunungan yang pada puncak gunung-gunung tersebut terdapat pemandangan indah. Hari libur adalah hari dimana kawasan kebun teh kulonprogo ini ramai oleh wisatawan, sebab bisa jadi kawasan wisata desa Ngelinggo sebagai salah satu cara tepat untuk mengurangi rasa kepenatan dalam kota dan dari kejenuhan aktifitas pekerjaan serta salah satu tempat wisata yang tidak mainstream. Tidak jauh dari kawasan kebun teh kulonprogo ini terdapat sebuah air terjun yang dikenal dengan Curug Watu Jonggol

Share
Kampoeng Terkait
Komentar