28/06/2016

Melirik 10 Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Keanekaragaman tempat wisata di Jogja memang tak dapat disanksikan. Sebuah daerah dengan potensi wisata yang cukup kaya, baik dari wisata alam, wisata sejarah serta wisata budayanya. Dengan kekayaan potensi wisatanya yang melimpah tidak heran jika selalu bermunculan tempat wisata di Jogja yang terbaru. Tidak berhenti sampai disitu, pesona wisata jogja pun memiliki banyak corak dan ciri khas tersendiri terlebih kearifan lokalnya yang begitu kental terasa, termasuk pula dengan makanan khas yang dimilikinya

Makanan khas jogja sudah cukup terkenal di mana-mana dan bahkan telah dikenal dunia. Sebut saja salah satunya adalah Gudeg Jogja, tidak hanya masyarakat lokal saja yang mengenal jenis makanan khas Yogyakarta ini, tetapi di Indonesia umumnya juga sudah mengenal makanan ini. Dan bahkan, wisatawan asing yang pernah datang ke jogja untuk sekedar berwisata juga pernah merasakan lezatnya Gudeg dan tidak mereka temukan di manapun selain di Jogja Indonesia.

Seperti halnya destinasi wisata lain yang tidak hanya memiliki satu jenis makanan khas, Yogyakarta pun demikian. Yuk Melirik 10 dari Makanan Khas Jogja yang begitu terkenal.

1. Gudeg Jogja
gudeg jogja
Selain sebagai makanan khas yang paling identik dengan jogja ini, berbicara tentang kuliner khas jogja tak lengkap jika tak menyebut gudeg. Gudeg sudah menjadi kuliner wajib coba bila berkunjung ke jogja. Masakan yang diolah dengan menggunakan bahan dasar buah nangka muda yang di kombinasikan dengan bumbu serta bahan-bahan masakan lain dengan proses pengolahan yang membutuhkan waktu tidak sedikit sampai dapat dihidangkan dan dinikmati. Biasanya gudeg jogja sering dihidangkan beserta lauk lainnya seperti tempe, telur bacem dan tahu yang dibaluri sambal. Sementara dalam penyajiannya, gudeg jogja terdiri dari tiga jenis penyajian yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar.
2. Oseng-Oseng Mercon
oseng-oseng mercon
Oseng-oseng mercon merupakan makanan khas jogja yang dikenal dengan masakan khas jogja yang paling pedas. Oseng-oseng dibuat dengan memadukan daging sapi, kikil, gajih, kulit dan tulang muda yang dioseng-oseng dengan cabe rawit atau yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa pedas. Dan rasa yang begitu pedas dari makanan ini, sehingga dijuluki "Mercon".
3. Brongkos
sayur brongkos
Brongkos atau biasa disebut "jangan brongkos" merupakan salah satu sayuran khas bagi masyarakat jawa khususnya Yogyakarta yang terdiri dari bahan utama kacang tolo, daging sapi dan tahu putih. Dalam penyajiannya sayur brongkos biasanya dipadukan dengan bahan campuran bumbu sedap pedas serta santan kelapa sehingga menghasilkan cita rasa gurih pada masakan dengan sedikit rasa pedas dari campuran cabe rawit pada bumbunya.
4.Bakpia
bakpia jogja
Bakpia merupakan cemilan tradisional khas Yogyakarta yang paling populer serta salah satu makanan yang sering dijadikan oleh-oleh khas kota jogja. Bakpia adalah olahan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau, gula dan dibalut dengan tepung kemudian dipanggang. Dalam hal penyajian bakpia terdiri dari berbagai macam modifikasi rasa yang dulunya hanya berisi kacang ijo yang dihaluskan, namun sekarang, sudah banyak varian rasa diantaranya cokelat, keju, durian, stroberi dan sebagainya. Sentra pembuatan bakpia ada di daerah pathuk - Yogyakarta, sebelah barat Malioboro (sekitar 10 menit naik becak) sekaligus bakpia yang paling dikenal "bakpia pathok"
5. Jadah Tempe
jadah tempe
Jadah tempe merupakan penganan tradisional buah tangan daerah Kaliurang, Sleman - D.I.Yogyakarta yang terdiri dari dua penganan yakni jadah dan tempe bacem. Jadah terbuat dari ketan putih, sementara tempe bacem merupakan penganan dari kedelai pada umumnya namun disajikan dengan cara dibacem dengan rasa manis. Dalam penyajian jadah tempe disuguhkan secara bersamaan dan akan terasa nikmat jika dimakan secara bersamaan dengan rasa gurih dari jadah yang berpadu dengan rasa manis dari tempe bacem. Jadah tempe ini juga sering disebut atau mendapat julukan "sandwicth ala jogja". Selain itu, konon jadah tempe adalah salah satu makanan kesukaan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
6. Mangut Lele
Mangut Lele
Melihat dari nama makanan khas jogja yang satu ini, mungkin sudah tidak terasa asing dalam hal penyajiaannya. Sama seperti namanya, mangut lele ini dibuat dari ikan lele yang telah digoreng atau yang diasapi. Sedangkan untuk mangut sendiri merupakan bumbu rempah-rempah yang sudah sangat terkenal di Jawa, tepatnya di Mataraman (Yogya-Solo). Mangut lele memiliki rasa yang sangat khas, dengan kuah santan dan bumbu rerempahan yang khas yang menjadikan rasa masakan resep mangut lele lebih dahsyat. Mangut Lele ini sudah sangat populer di tanah Jawa, khususnya bagian Jawa Tengah dan Yogyakarta.
7. Nasi Kucing
Nasi Kucing
Nasi kucing adalah sebutan untuk hidangan nasi dan lauk yang sangat terkenal dan berasal di kawasan Jawa Tengah seperti Yogyakarta, Semarang dan Solo. Hidangan ini disebut nasi kucing karena porsinya yang sedikit menyerupai porsi makanan kucing. Meskipun demikian, dengan porsinya yang sedikit tersebut, nasi kucing begitu populer di kalangan masyarakat menengah ke bawah serta mahasiswa. Sebab, harga yang dipatok memang terbilang sangat murah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, nasi kucing menjadi sebuah sajian masakan yang khas dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Masakan ini banyak dihidangkan di angkringan dan di tempat - tempat wisata jogja yang tersebar.
8. Sate Klatak
Sate Klatak
Dari sekian banyak khazanah kuliner sate yang di miliki Indonesia, sate klatak adalah sate yang sedikit berbeda dengan sate pada umumnya dan sate ini hanya tersedia di Yogyakarta. Umumnya sate-sate yang lain dimasak dengan menggunakan bumbu yang beragam, namun sate klatak jogja hanya diberi bumbu garam dengan sedikit ketumbar. Selain itu sate klatak dipanggang menggunakan tusuk jeruji besi sehingga daging matang hingga ke dalam. Terkesan sederhana namun kenyataanya sate ini banyak diincar wisatawan.
9. Sego Pecel
sego pecel
Sego pecel adalah salah satu penganan khas Indonesia berasal dari Jawa khususnya Yogyakarta. Sego pecel hampir serupa dengan gado-gado, namun sego pecel menggunakan bahan dasar sayuran rebus seperti potongan kacang panjang, kangkung, daun singkong, tauge, irisan mentimun serta bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Makanan ini merupakan sebuah kuliner yang sangat diminati secara turun temurun sejak dulu. Diawali sebagai salah satu pilihan sarapan sehari-hari, kini Sego Pecel dapat disantap dalam segala kesempatan dan berbagai suasana.
10. Bakmi Jawa
bakmi jawa
Bakmi jawa jogja adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan jawa. Dalam pembuatan bakmi jawa jogja ini, mi dimasak di atas tungku tanah liat yang menggunakan api arang. Dan meskipun banyak pembeli memesan, juru masak tidak langsung memasak semua pesanan dalam satu wajan besar, melainkan bahan dan bumbu diracik satu per satu kemudian pesanan dimasak satu porsi demi satu porsi dalam wajan kecil agar mendapatkan hasil maksimal. Dan setelah matang juru masak menambahkan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan. Bakmi Jawa sendiri banyak dijajakan di Jawa Tengah khususnya Yogyakarta.




Tidak hanya ada 10 jenis makanan khas jogja, semuanya tentu tidak bisa disebutkan satu persatu. Namun kesemuanya bagian dari daftar panjang kekayaan Kuliner Indonesia yang khas dan memiliki daya tarik tersendiri soal kualitas, rasa serta citarasa. Pengolahannya pun menarik, cukup rapi dengan perpaduan nuansa alami. Dengan keberagaman suku yang dimiliki Indonesia sehingga mampu menghasilkan berbagai macam kuliner yang menggugah selera makan siapa saja yang melihatnya

Subscribe untuk menerima setiap artikel terbaru via email

Smart3D

  • KAMPOENG GUE

    Tempat Wisata Indonesia
  • FollowMe

    ConfigSummary