01/03/2016

Ketenaran Gudeg Jogja Sebagai Makanan Tradisional Yogyakarta

Gudeg Jogja

Makanan Khas Yogyakarta

Ketenaran Gudeg Jogja Sebagai Makanan Tradisional Yogyakarta

Pesona wisata Jogja memang tak terlupakan, mungkin itulah ungkapan bagi wisatawan yang pernah berkunjung dan menikmati pesona tempat wisata di Jogja. Tujuan dan tempat wisata yang merupakan hadiah untuk para wisatawan. Kearifan lokal dan eksotis alamnya membuat jogja begitu tersohor, tidak hanya dalam tataran nasional, namun juga mendunia. Namun tidak hanya itu, jogja juga dikenal memiliki beragam makanan khas dengan sensasi dan cita rasa berbeda, satu diantaranya adalah gudeg jogja yang menjadi Kuliner Yogyakarta paling terkenal khususnya bagi masyarakat asli jogja sendiri.

Gudeg Jogja merupakan salah satu makanan khas Jogja yang jika berbicara tentang kuliner yogyakarta rasanya belum lengkap bila tidak menyebut makanan yang satu ini. Ketenaran gudeg jogja sebagai makanan tradisional Yogyakarta telah terkenal sejak puluhan lalu hingga kini. Di indonesia, gudeg yang paling terkenal dan di anggap paling nikmat berasal dari Yogyakarta. Masakan yang diolah dengan menggunakan bahan dasar buah nangka muda atau biasa disebut gori dan di kombinasikan dengan bumbu serta bahan-bahan masakan lain dengan proses pengolahan yang membutuhkan waktu tidak sedikit sampai dapat dihidangkan dan dinikmati.

Biasanya gudeg jogja sering dihidangkan beserta lauk lainnya seperti tempe, telur bacem dan tahu yang dibaluri sambal. Namun dalam hal cita rasa dan penyajiannya, gudeg jogja memiliki beberapa varian penyajian yang berbeda-beda. Dan untuk menemukan makanan khas Yogyakarta ini atau gudeg jogja tidaklah sulit sebab dapat dengan mudah ditemukan di beberapa tempat wisata di jogja yang dikunjungi bahkan hampir ditiap sudut kotanya.

Varian Penyajian Gudeg Jogja

  • Gudeg Basah; diolah dengan menggunakan kuah santan nyemek yang gurih dan biasanya gudeg basah ini banyak diburu untuk menu sarapan pagi. 
  • Gudeg Kering; yang dimasak dalam waktu lebih lama sampai kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan. Rasanya akan terasa lebih manis dan bisa bertahan selama satu hari atau bahkan lebih jika dimasukkan ke dalam lemari es. Gudeg kering lebih banyak diburu oleh para wisatawan untuk jadikan sebagai oleh-oleh. 
  • Gudeg Manggar; atau gudeg dengan olahan menggunakan bunga kelapa yang menghasilkan cita rasa berbeda. Bunga kelapanya terasa crunch sementara tangkainya sekilas memiliki rasa mirip jamur tiram.

Subscribe untuk menerima setiap artikel terbaru via email

Smart3D

  • KAMPOENG GUE

    Tempat Wisata Indonesia
  • FollowMe

    ConfigSummary