01/01/2015

Keajaiban Dunia Di Pulau Komodo


Nusa Tenggara Timur - Bertubuh besar, reputasi mengerikan, serta bentuknya yang purba sempat menjadikan mereka primadona dunia khususnya Indonesia, ketika Pulau Komodo menjadi satu diantara 7 keajaiban warisan alam yang ada di dunia versi Organisasi New 7 Wonders.

Komodo atau sang primadona oleh penduduk setempat menyebutnya "Ora" merupakan hewan endemik Indonesia dengan panjang rata-rata 2 - 3 m dan beratnya bisa mencapai 165 kg, dan 100 kg saat perut kosong. Namun meskipun penampilannya yang menyeramkan, komodo bukanlah hewan pemburu aktif, mereka merupakan predator sabar. Di alam liar, komodo biasanya memburu mangsa yang lemah atau yang sudah terluka. Dan mereka hanya butuh satu gigitan untuk melumpuhkan mangsanya. Karena sang primadona, pada air liurnya mengandung jutaan bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka. Mereka mengigit mangsa mereka, lalu menungggu mangsa mereka lemas karena racun tersebut, barulah mereka memakan mangsa mereka.

Namun daya tarik Taman Nasional Komodo tidak semata-mata oleh kehadiran spesies kadal terbesar di dunia ini, tetapi panorama savana dan pemandangan bawah laut merupakan daya tarik pendukung yang potensial. Wisata bahari misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping. menikmati pemandangan alam yang menawan merupakan salah satu pengalaman yang memberikan sensasi wisata ala zaman purba.

Komodo merupakan salah satu spesies yang hampir punah dan hanya dapat di temukan di Pulau Komodo atau tepatnya di Taman Nasional Komodo. Taman yang telah dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Subscribe untuk menerima setiap artikel terbaru via email

Smart3D

  • KAMPOENG GUE

    Tempat Wisata Indonesia
  • FollowMe

    ConfigSummary