-->

Arsitektur Agung Diatas Bebatuan Tanah Lot Bali

4 Apr 2013
Bali - Arsitektur Agung Diatas Bebatuan Tanah Lot
Tanah Lot merupakan salah satu wisata di Bali yang sangat terkenal di Pulau Bali.Kawasan Pura Tanah Lot merupakan wisata sejarah yang terletak di kawasan wisata alam pantai Tanah Lot yang sungguh menawan. Dengan mengunjungi kawasan tersebut, para pengunjung bisa menikmati sajian kombinasi objek wisata yang ada di Bali sekaligus, yakni wisata alam dan wisata sejarah. Pura ini terletak di kawasan yang terpisah dengan tanah daratan, namun apabila air surut, Pura masih bisa ditempuh dengan berjalan tanpa harus menggunakan alat perahu. Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura yang utama di Bali dan dikenal dengan Sad Kahyangan.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa Pemandangan dan daya tarik serta daya magis yang dimiliki oleh objek wisata satu ini memang tak ada duanya. Bagi yang percaya, kehadirannya di tempat berdirinya salah satu pura yang sangat disegani di tanah Dewata ini, adalah satu hal yang sangat menggetarkan hati dan cukup merangsang jiwa untuk mengunjunginya. Pendapat bisa saja berbeda. Paling tidak bahwa Tanah Lot adalah satu hal yang patut dikunjungi.

Bentuk pura yang unik diatas bebatuan yang begitu gagah seperti tak tergerus oleh hempasan ombak selama puluhan tahun. Hembuasan angin dan terpaan sinar mentari seolah tak terasa oleh para pengunjung. Satu tujuan mereka, yaitu menyaksikan secara langsung dan dengan sangat dekat salah satu bentuk usaha manusia membuat satu karya agung di dunia ini. Arsitektur pura memang indah dan mungkin tak bisa ditemukan di belahan dunia lain. Satu maha karya manusia yang benar-benar mengagumkan. Walaupun tidak boleh lupa bahwa yang lebih harus dikagumi adalah pencipta dan pemberi inspirasi kepada manusia-manusia bertelenta hebat yang mampu menghabiskan energi, pemikiran, dan dana untuk membangun pura yang indah tersebut.

Seluruh umat Hindu dari segala penjuru Bali akan datang untuk bersembahyang, begitu juga wisatawan akan banyak yang datang untuk menyaksikan upacara dan keindahan Tanah Lot, akan tetapi wisatawan tidak diijinkan untuk memasuki bagian utama (”Utama Mandala”) pura Tanah Lot, kecuali yang masuk untuk bersembahyang. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kesucian pura Tanah Lot. Di bawah pura tanah lot terdapat beberapa gua yang di dalamnya hidup beberapa ular laut berwarna hitam putih. Ular-ular ini sangat jinak dan tidak boleh diganggu. Selain itu juga terdapat sebuah sumber air tawar alami, menurut kepercayaan masyarakat setempat, air tawar yang ada di pura di pantai Tanah Lot ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lebih dari itu, bisa seseorang berdoa di pura Tanah Lot dan minum air tawar tersebut maka doanya bisa terkabulkan. Banyak wisatawan yang mencoba peruntungan dengan berdoa dan minum sumber air suci Pura Tanah Lot tersebut.

Jika air laut pasang, maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah perahu terapung di atas air. Di Tanah Lot kita dapat menyaksikan timbulnya bulan purnama di malam hari dan tenggelamnya matahari di kaki langit, merupakan suatu pemandangan yang luar biasa.

Share
Kampoeng Terkait
Komentar