-->

Kebun Teh Sidamanik Objek Wisata Andalan Pematangsiantar

28 Jul 2012
Pematangsiantar adalah salah satu kota di Sumatera Utara yang memiliki pembangunan cukup pesat di berbagai sektor, baik pendidikan, budaya, ekonomi hingga pariwisata. Dan merupakan kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera Utara. Selain itu, Pematangsiantar juga dikenal sebagai gerbang Wisata Danau Toba, karena Pematangsiantar merupakan sebuah kota persinggahan bagi para wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Danau Toba. Sehingga sebagai kota yang memiliki potensi wisata yang besar dan sebagai kota penunjang wisata Pematangsiantar dan sekitarnya, kota ini memiliki tidak kurang dari 8 hotel berbintang, 10 hotel melati dan 268 restoran. 

Meskipun hanya sebuah kota persinggahan menuju Danau Toba yang sudah begitu terkenal dan mendunia, adalah hal yang tak dapat dipungkiri bahwa setiap daerah khususnya di Indonesia memiliki tempat wisata menarik serta memiliki potensi besar untuk menjadi wisata terpopuler baik dalam kanca domestik maupun mancanegara. Demikian halnya dengan objek wisata di Pematangsiantar salah satunya adalah Kebun Teh Sidamanik yang merupakan kebun teh terkenal khususnya di Pulau Sumatera
,
Kebun Teh Sidamanik
Kebun Teh Sidamanik Objek Wisata Andalan Pematangsiantar
Kebun Teh Sidamanik, merupakan salah satu tempat wisata di Pematangsiantar yang sering dikunjungi tidak hanya oleh masyarakat namun juga para wisatawan. Area hijau kebun teh tersebut memang begitu menarik perhatian siapapun yang melintas di sekitar jalur kebun teh sidamanik, sehingga tidak jarang setiap pengendara yang melintasi jalur tersebut pasti terlebih dahulu menyempatkan singgah untuk menikmati panorama ataupun sekedar berfoto dan berselfie ria di tengah area perkebunan.

Kebun Teh Sidamanik sendiri merupakan sebuah area perkebunan milik instansi pemerintah PTPN IV - Kota Medan, yang dulunya perkebunan ini sama sekali bukan lokasi wisata, namun karena ke-eksotikannya dan selalu dikunjungi atau sekedar di singgahi sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke Danau Toba, akhirnya kebun teh Sidamanik ini pun dibuka sebagai tempat wisata dan hingga kini menjadi salah satu objek wisata populer di Sumatera Utara. Bahkan dikabarkan, kawasan Kebun Teh Sidamanik akan dinobatkan sebagai salah satu simbolisasi pariwisata di Sumatera Utara selain Danau Toba, sebab hampir di setiap tahunnya jumlah kunjungan wisatawan ke perkebunan teh Sidamanik terus meningkat.

Terluas Di Sumatera
Kabar lainnya, kebun teh Sidamanik adalah kawasan perkebunan teh terluas di Pulau Sumatera, dan sudah ada sejak masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Sehingga dalam perkembangannya, kebun teh Sidamanik ini termasuk ke dalam objek wisata yang mempunyai nilai sejarah, sebab dahulunya kebun teh ini pernah dikelola oleh pihak kolonial Belanda sebelum di serahkan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia hingga kini berada di bawah instansi pemerintah yang bernama PTPN IV.  Kebun Teh Bah Butong Selain bernama kebun teh Sidamanik, juga bernama Kebun Teh Bah Butong oleh masyarakat setempat menjulukinya. Dengan area perkebunan begitu luas sehingga apabila berada di tengah-tengah perkebunan ini, sejauh mata memandang hanya terlihat hamparan hijau perkebunan teh yang indah, ditambah udara sejuk di sekitarnya, dan terdapat pula batas-batas area tertentu yang sengaja dikosongkan untuk wisatawan agar dapat dengan mudah menelusuri area perkebunan. Hanya Beberapa Kilometer Kebun teh Sidamanik berjarak hanya beberapa kilometer dari pusat kota Pematangsiantar, dengan menempuh perjalanan dari kota Pematangsiantar menuju Kecamatan Sidamanik, dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit sampai 1 jam dengan menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat melalui jalur jalan raya kecamatan Sidamanik yang sudah memiliki infrastuktur baik.

Meskipun mungkin tidak sepopuler dengan Danau Toba, tetapi kebun teh Sidamanik memiliki eksotika tersendiri yang tidak kalah menariknya dengan Danau Toba.
Share
Kampoeng Terkait
Komentar