02/06/2012

Palangkaraya Menyimpan Wisata Alam Yang Unik

Palangkaraya  - Kota Palangka Raya atau Palangkaraya adalah kota terbesar di Indonesia, sekaligus ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah menyimpan keindahan wisata alam yang unik nan menggoda. Salah satunya adalah Danau Tahai yang memiliki keunikan dimana airnya berwarna merah yang disebabkan oleh akar-akar pohon di lahan gambut. Selain itu di sekitar danau tahai pengunjung disuguhkan pemandangan rumah- rumah terapung yang oleh penduduk setempat disebut sebagai rumah lanting. Selain memiliki panorama yang sangat indah, objek wisata Danau Tahai juga dilengkapi dengan sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap.

Taman Kota Palangkaraya
Sementara bagi anda yang gemar berpetualang dalam rerimbunan hutan, maka Hutan wisata Arboretum Nyaru Menteng adalah tempat yang tepat. Arboretum Nyaru Menteng adalah sebuah wisata alam yang merupakan wilayah konservasi dan penelitian tanaman langka, yang berlokasi di Jalan Tjilik Riwut Kelurahan Tumbang Tahay Kecamatan Bukit Batu. Di lokasi ini banyak terdapat koleksi kehutanan dengan berbagai jenis seperti tanaman geronggang, meranti, cemara, dan tampan. Bahkan di Arboretum Nyaru Menteng terdapat beberapa jenis tanaman yang tergolong langka seperti Nepenthes raffesiana, N. maxima, N. ampullaria dan N. Gracilis, yang masuk ke dalam jenis Kantung Semar. Beberapa jenis satwa liar yang menjadi penghuni tempat ini antara lain adalah beberapa jenis burung seperti Beo (Gracula religiosa) dan Cucak Rowo (Pyocnonotus zeylanicus). Jenis lain seperti Biawak (Varanus sp), Ular, Monyet dan sesekali masih dijumpai orangutan liar (Pongo pygmaeus), Owa-owa (Hylobates muelleri) dan Tupai/Bajing.

Tak cuma Arboretum Nyaru Menteng yang dapat anda jumpai. Di Kecamatan Bukit Batu juga terdapat bukit yang menjadi salah satu objek wisata terkenal di kota palangkaraya yaitu Bukit Tangkiling yang mempunyai bebatuan besar berbentuk unik, menyerupai bentuk aneka binatang yang bertumpuk-tumpuk menjulang ke keatas. Uniknya, di antara gerombolan batu terselip pepohonan dan rerumputan hingga menjadi mozaik hijau yang artistik, yang selanjutnya bukit ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar alam dan taman wisata alam. Di dua lokasi tersebut terdapat sembilan bukit batu serupa yang tersebar mengelompok dan lima bukit batu di kawasan taman wisata alam, yaitu Bukit Tangkiling, Bukit Batu/Tunggal, Bukit Liau, Bukit Buhis, dan Bukit Baranahu. Sementara empat bukit lainnya, adalah Bukit Tisin, Tabala, Klawit, dan Bukit Bulan. Kawasan ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Palangkaraya, hanya 34 km ke arah Barat Laut. Jika Anda melintasi kawasan bukit batu di sebelah kiri Jalan Raya Palangkaraya - Kasongan, pemandangan sebuah bukit batu terlihat sangat eksotik di balik pemukiman penduduk dan rerimbunan pohon.

Subscribe untuk menerima setiap artikel terbaru via email

Smart3D

  • KAMPOENG GUE

    Tempat Wisata Indonesia
  • FollowMe

    ConfigSummary