-->

9 Objek Wisata Di Kota Sampit, No 9 Wow Terbesar Di Indonesia

5 Jun 2012
Sedang lagi berkunjung di Kota Sampit? jangan sampai kelewatan jika di Sampit terdapat berbagai macam objek wisata yang menarik hati. Mulai dari wisata alamnya, wisata budaya, wisata kuliner dan banyak lagi. Sayang jika terlewatkan.

Ibukota dari Kotawaringin Timur ini, tepatnya berada di provinsi Kalimantan Tengah. Dimana area wilayahnya tepat berada di tepi sungai Mentaya yang merupakan sungai utama dari jalur pelayaran kapal dalam perdagangan.

Tempat Wisata Di Sampit
Menariknya sungai ini merupakan tempat pegelaran acara tahunan yakni Mandi Safar. Yaitu, sebuah kearifan lokal yang di percaya mampu membuang sial seseorang. Acara ini diselenggarakan setiap bulan Safar.

Selain kearifan lokalnya, sebut saja di daerah Antang Kalang terdapat sebuah objek wisata alam berupa arung jeram. Kemudian ada pantai Ujung Pandaran dan banyak lagi tempat wisata yang menarik di Kota Sampit. Berikut sejumlah pesona wisata Kota Sampit yang dapat ditemui :

Baca juga : Menapaki Sejarah Kota Sampit

1. Pantai Ujung Pandaran

Pantai berjenis landai ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang puluhan kilometer dari Kabupaten Kotawaringin Timur hingga perbatasan Kabupaten Seruyan.

Sudah menjadi salah satu tempat wisata di Sampit. Dan pada waktu tertentu Pantai Ujung Pandaran biasa di jadikan sebagai tempat pelaksanaan ritual adat Simah Laut oleh masyarakat nelayan setempat yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Simah Laut sendiri adalah sebuah ritual tolak bala oleh para nelayan sebelum memulai pelayaran ke laut untuk mencari ikan. Ritual tahunan ini biasanya di lakukan setiap tanggal 10 bulan Syawal, atau sepuluh hari setelah Hari Raya Idul fitri. Nah, oleh masyarakat ritual ini di percaya dapat mendatangkan keselamatan dan memberikan limpahan rezeki selama melaut.

2. Taman Kota Sampit

Ada yang bilang belum lengkap kunjungan ke Sampit jika belum mampir ke Taman Kota. Yaitu sebuah taman yang sering dikunjungi oleh masyarakat sebagai tempat dengan beragam aktifitas seperti jogging, refreshing, jalan-jalan, serta menggelar acara-acara besar seperti pawai, kampanye partai, pertunjukan-pertunjukan, jalan sehat sampai konser musik.

Di sekitar taman Kota Sampit terdapat banyak pedagang berjualan seperti pakaian, mainan anak, buah dan selain itu juga terdapat arena bermain untuk anak-anak.

3. Danau Biru Sampit

Wisata danau biru yang berada di jalan S.Parman KM 6 Sampit - Pangkalanbun merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi hampir setiap hari oleh warga terlebih pada saat hari-hari libur, tahun baru dan hari raya.

Pasir di sekitar dan membentang mengelilingi danau biru ini memiliki warna putih sehingga wisata ini selain dikenal dengan wisata danau biru juga dikenal dengan Wisata Alam Salju. Untuk dapat sampai ke danau biru ini, cukup dari kota Sampit menuju jalan ke arah Pangkalanbun kemudian di kiri jalan terpampang papan bertuliskan “Wisata Alam Salju”.

4. Wisata Monumen

Salah satu tempat sebagai pelengkap perjalanan wisata di Kota Sampit adalah dengan mengunjungi Bundaran Sampit atau oleh masyarakat setempat mengenal dengan sebutan Bundaran Polres yang merupakan satu diantara 3 bundaran besar di sampit. Selain itu bundaran sampit atau bundaran polres ini bisa dikatakan sebagai pusat kota sampit karena letaknya yang berada di tengah kota sampit.

Baca juga : Sampit Merupakan Kota Strategis Di Kalimantan Tengah

5. Wisata Kuliner

Beberapa makanan khas Kota Sampit yang mudah dijumpai diantaranya Wadi yaitu makanan berbahan dasar ikan seperti ikan gabus dan ikan patin.

Kemudian Telur Mata Gajah merupakan makanan yang bisa ditemukan di sepanjang jalan taman kota, bagi pecinta makanan pedas sambal tempoyak adalah sambal yang Anda harus coba. Tidak berhenti sampai disitu masih terdapat beberapa makanan khas sampit lainnya yaitu Juhu Umbut Pisang, Juhu Umbut Sawit dan masih banyak lagi.

6. Wisata Belanja

Berlibur ke suatu tempat pasti selalu identik dengan oleh-oleh atau belanja. Salah satu tempat rekomendasi tempat belanja di sampit adalah PPM atau Pusat Perbelanjaan Mentaya yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di kota Sampit yang bletaknya berada di jalan Iskandar.

Tidak berbeda dengan pusat perbelanjaan di daerah lain pada umumnya, berbagai macam kebutuhan mulai dari bahan pokok, peralatan elektronik, fashion dan lainnya serta setiap harinya disibukan dengan kegiatan mulai dari subuh hingga petang terlebih mendekati hari-hari besar, konsumen yang datang semakin melonjak, padat hingga terkadang menimbulkan kemacetan.

7. Wisata Budaya

Bapalas Bidan dan Batasmiyahan merupakan acara doa dan sukuran atas anak yang baru lahir. Bapalas Bidan sebagai bentuk ucapan terimakasih orang tua si anak kepada bidan yang membantu kelahiran anaknya dengan menyerahkan beberapa persyaratan kepada bidan seperti beras, kelapa gula jawa, serta telur ayam kampung.

Dan kemudian dilanjutkan upacara Batasmiyahan yaitu sebuah upacara untuk memberikan nama pada anak yang baru lahir dengan memberi gantungan bunga rampai pada ayunan bayi, demikian juga pisang dan hiasan anyaman dari pucuk nyiur seperti anyaman bentuk burung, bola dll.

Selain itu terdapat pula Lawang Sakepeng yang biasanya digelar pada acara pernikahan. Sementara seperti diulas sebelumnya yaitu tradisi menarik dan unik di bulan Safar, yakni warga menggelar acara Mandi Safar di Sungai Mentaya.


8. Patung Ikan Jelawat

Tempat wisata yang begitu populer sejak diresmikan yaitu patung ikan jelawat yang berukuran besar dengan mulut menyemburkan air menghadap Sungai Mentaya. Patung ikan jelawat tersebut merupakan maskot ikon Kota Sampit dan kini menjadi tempat rekreasi favorit masyarakat setempat.

9. Kebun Raya Sampit

Nah yang satu mungkin kamu belum tahu ya, kalau di tahun 2020 nanti Kebun Raya Sampit yang saat ini masih dalam pembangunan akan menjadi Kebun Raya Terbesar di Indonesia yang luasnya mencapai 607,63 hektar. 

Dengan luas tersebut, otomatis Kebun Raya Sampit menjadi kebun raya terluas di negeri ini yang sebelumnya Kebun Raya terluas di Indonesia adalah 425,50 hektar yaitu Kebun Raya Bukit Sari yang berada di Provinsi Jambi
Share
Kampoeng Terkait
Komentar