-->

Seperti Apa Saja Fasilitas Kebun Binatang Ragunan Jakarta

20 Jun 2012
Lain Jakarta Timur lain pula Jakata Selatan, jika di Jakarta Timur ada TMII maka di Jakarta Selatan ada Kebun Binatang Ragunan yang sama, jika menjelang hari libur lebaran pengunjungnya membludak bisa mencapai sampai ratusan ribu.

Wajar sih, soalnya kedua taman hiburan tersebut sudah menjadi tempat rekreasi dan wisata andalan di Jakarta yang kebanyakan pengunjungnya keluarga

Tapi tahukah kamu, kalau Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia sejak tahun 1864 bernama Planten En Dierentuin yang artinya "Tanaman dan Kebun Binatang." Kemudian tahun 1949 dari Planten En Dierentuin dirubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

Tahun 1969 barulah dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu yang sebelumnya berada di kawasan Cikini. Kemudian 22 Juni 1966 diresmikan dengan nama Taman Margasatwa Ragunan (wikipedia).

Baca juga : TMII, Tempat Wisata Yang Benar-Benar Indonesia Banget

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan 

Namanya juga kebun binatang, suguhan utamanya pastilah memamerkan berbagai macam jenis binatang. Terus sebagai sarana edukasi, wisata sebut saja mengelilingi area kebun binatang, rekreasi, bermain rakit, atau menyaksikan berbagai pertunjukan hewan seperti snake feeding show dan lain-lain.

Dan tak ketinggalan serunya salah satu fasilitas yang identik dengan Kebun Raya Ragunan. Seperti apa?

1. Naik Gajah Tunggang

Ini gajah benaran loh. Jika pertama kali ke Ragunan sesekali deh naik gajah. Tak perlu kuatir bagaimana-bagaimananya nanti, selain gajahnya jinak si pawang gajah juga tetap menemani kok sehingga kamu tetap aman.  O iya, fasilitas menantang adrenalin kamu ini, hanya bisa dilakukan pada hari Minggu dan hari libur nasional saja.

2. Unta Tunggang

Tak kalah dengan keseruan menunggangi gajah. Hewan yang identik dengan padang pasir inipun bisa ditunggangi. Jadi ga perlu jauh-jauh pergi ke Arab. Dari Ragunan, kamu sudah bisa merasakan sensasi menunggangi unta sambil membayangkan sedang melintasi padang pasir luas.

3. Naik Kuda Poni

Eits jangan buru-buru membanyangkan kalau kamu juga akan menunggang kuda dengan gagahnya. Kecuali kamu anak kecil. Karena fasilitas ragunan ini hanya diperuntukan bagi anak-anak. Kuda yang disediakan pun berupa kuda poni yang berada di area children zoo

4. Naik Andong

Nah kalau ini pasti sudah pada tahu kan, dibeberapa daerah lain dikenal dengan nama delman, terus di daerah lainnya bernama bendi. Untuk kapasitasnya maksimal empat orang.

5. Kereta Keliling

Untuk fasilitas mengelilingi area ragunan yang luasnya 147  hektar, Pihak pengelola telah menyediakan 2 fasilitas berupa Kereta Keliling yang akan membawa berkeliling sembari berjumpa dengan hewan hewan di Kebun Binatang Ragunan di sepanjang rute yang dilewatinya.

6. Bersepeda

bersepeda merupakan fasilitas kedua untuk dapat mengelilingi taman margasatwa. Kamu bisa menyewa sepeda di penyewaan yang sudah disediakan. Ada dua model sepeda yang bisa kamu pilih, yaitu sepeda tunggal dan sepeda ganda (sepeda dua kayuh yang bisa dinaiki dua orang).

Baca juga : Tempat Wisata Di Jakarta Dari Yang Hits, Murah dan Instagramable


Fasilitas pendukung lainnya

Selain keseruan yang dimiliki,  juga disediakan beberapa tempat menarik, bisa sebagai sarana hiburan juga edukasi
.

1.Pusat Primata Schumtzer

Kalau ingin melihat atau mengetahui jenis-jenis primata yang ada, kamu bisa mengunjungi Pusat Primata Schumtzer. Berbagai jenis primata mulai dari orang utan, gorila, simpanse dan jenis primata langka lainnya baik dari Indonesia maupun manca, bisa kamu temukan disini beserta informasi mengenai primata-primata tersebut.

Nah tempat ini bisa dikatakan tempat andalan yang ada di kebun raya ragunan, sekaligus sebagai tempat Konservasi Primata Indonesia yang berskala internasional

2. Relaksasi di Taman Refleksi

Untuk memanjakan pengunjung, Kebun Binatang Ragunan Jakarta menyediakan area khusus untuk refleksi. Area ini merupakan sebuah taman yang dilengkapi dengan batu-batu refleksi.

Kamu bisa memanfaatkan tempat ini untuk relaksasi dengan berjalan di atas batu refleksi atau berolahraga. Di Taman Refleksi ini terdapat sebuah kolam yang di tengahnya terdapat sebuah patung orang utan.

3. Melihat Binatang Lucu di Taman Satwa Anak

Kalau lagi bawa adik kecil, Children Zoo atau Taman Satwa Anak yang ada di Kebun Binatang Ragunan adalah area yang cocok untuk mereka. Sebab, area ini memang dikhususkan untuk anak-anak.

Disini terdapat beberapa binatang jinak dan tidak menakutkan bagi anak-anak. Mereka bebas berinteraksi seperti rusa, kelinci, burung kakatua, binatang pengerat, ikan raksasa araipama gigas, ular condrophyton yang berwarna-warna indah, dan lainnya.

Selain itu, zona Taman Satwa Anak juga dilengkapi dengan beberapa permainan khusus untuk anak-anak, seperti ayunan, jaring laba-laba, dan sederet permainan lainnya.

4. Taman Perahu Angsa

Dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan terdapat sebuah danau buatan yang luasnya mencapai 2.000 m2. Di tengah danau tersebut terdapat beberapa pulau-pulau buatan kecil. Kalau ingin menjelajahi pulau-pulau indah ini, kamu bisa mengelilinginya dengan perahu angsa.

5. Pentas Satwa

Kalau ingin menyaksikan atraksi satwa, kamu bisa menyaksikannya di sini. Atraksi ini dikemas secara lucu dan pasti akan membuat para penonton tertawa dengan tingkah polah satwa yang menggemaskan.

Baca juga : Tempat Rekreasi Murah Di Jakarta


Hewan apa saja yang ada di Kebun Binatang Ragunan

Mengenai jumlah koleksinya terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen, 5 diantaranya, Kok cuma lima?! please.. nulis daftar sampai 4000 google chrome ga muat, haha...  :

1. Rusa Tutul (Axis axis erxleben

hewan yang berasal dari India, yang pada mulanya di datangkan ke Istana Bogor oleh Thomas Stanford Raffles.

2. Jerapah (Giraffa Camelopardalis Reticulatus)

juga salah satu koleksi Kebun Binatang Ragunan, yang berasal dari daerah Afrika.

3. Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus), 

yang sub-jenisnya ada juga di India, Sri Langka, Thailand, dan Malaysia. Lokasinya berada dekat pintu barat Kebun Binatang Ragunan.

4. Elang Bondol (Haliastur indus

dengan bulu berwarna coklat kemerahan, sedangkan bulu kepala dan lehernya berwarna putih. Selain Indonesia, elang koleksi Kebun Binatang Ragunan ini juga ada di Sri Langka, Asia Tropis, Cina Selatan sampai ke bagian Utara Australia.

5. Komodo (Varanus komodoensis)

dengan ukuran yang cukup besar, komodo ragunan ini bisa diam dalam waktu yang cukup lama sebelum bergerak untuk berpindah tempat. Selain di ragunan, komodo juga dapat ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca dan Flores Barat.
Share
Kampoeng Terkait
Komentar