-->

Kalimantan

31 Mei 2012
Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas sekitar 743.330 km², berada di sebelah utara Pulau Jawa,  disebelah timur terdapat Selat Melaka, dibagian barat terdapat pulau Sulawesi dan sebelah selatan Filipina. dan dikelilingi Laut Cina Selatan di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

kalimantan
Kalimantan banyak dikenal orang dengan sebutan “Pulau Seribu Sungai” dikarenakan banyaknya sungai-sungai yang mengalir di pulau ini dan beberapa sungai yang cukup terkenal di Indonesia adalah sungai "Sungai Kapuas" dengan panjang sekitar 1143 km yang berada di Kalimantan Barat, kemudian ada "Sungai Barito" dengan panjang 880 km berada di Kalimantan Tengah, selanjutnya "Sungai Mahakam" panjang sungai mencapai 980 km, berada di Kalimantan Timur.

Konon, kolonial Inggris dan Belanda menyebut pulau ini secara keseluruhan dengan nama "Borneo" (berasal dari nama kesultanan Brunei) — Sedangkan nama Kalimantan adalah nama yang digunakan para penduduk kawasan bagian timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah Indonesia. Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) dulu dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kalimantan Utara, tapi dalam pengertian sekarang Kalimantan Utara adalah Kalimantan Timur bagian utara.

Selain sungainya yang banyak Kalimantan juga memiliki hutan tropis, sumber daya alam yang kaya dengan flora dan fauna yang eksotis, sementara penduduk pribumi yang banyak dikenal di dunia khususnya di Indonesia adalah suku Dayak atau sebagian menyebutnya Orang Gunung (Mountain Rakyat), yang secara tradisional hidup di rumah panjang yang dikenal dengan sebutan Lamin atau Umaq Daru Suku lainnya adalah suku Iban, Punan, Banuaq dan lain-lain

Sebagian besar kehidupan masyarakat berpusat di sepanjang sungai. Dan untuk petualangan, pulau ini menawarkan banyak pilihan untuk memuaskan keinginan Anda seperti rafting atau bepergian ke beberapa sungai yang indah dan menantang, trekking melalui desa-desa tradisional dan hutan, atau melakukan perjalanan safari di salah satu taman nasional

Kalimantan terdiri dari empat provinsi diantara Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Share
Kampoeng Terkait
Komentar